Kamis, 14 Oktober 2010

Pengenalan Internet

   Internet, tentu kata ini sudah tidak asing lagi bagi Anda, bukan ? Di zaman sekarang, internet hampir menjadi kebutuhan dari sebagian besar penduduk dunia, baik di negara-negara yang sudah maju, maupun di negara-negara berkembang. Internet menjadi salah satu alternatif sarana komunikasi di samping pos dan telepon. Selain itu, internet juga menyediakan berbagai macam informasi, menjadi media bisnis, pendidikan, hiburan, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, orang sering menyebut istilah-istilah seperti dan e-commerce, e-bankinge-learning yang semuanya adalah teknologi berbasis internet.
Peranan internet khususnya dalam kegiatan perekonomian mulai terasa amat penting pada masa-masa sekarang. Tentu Anda masih ingat peristiwa gempat bumi yang melanda Taiwan beberapa waktu silam sehingga menyebabkan terputusnya jaringan kabel bawah laut yang mengganggu koneksi internet internasional di Asia. Hal ini ternyata tidak hanya berimbas pada pengusaha jasa layanan warnet, tetapi juga terhadap perdagangan, keuangan, dan pariwisata. Hal ini disebabkan sektor-sektor tersebut sangat bergantung pada penggunaan internet sebagai sarana promosi sekaligus sarana transaksi. Yang paling merasakan dampak dari bencana ini adalah perbankan online (e-banking). Dengan rusaknya jaringan tersebut, penarikan ATM menjadi kacau dan banyak transaksi terpaksa gagal karena putusnya internet tersebut.
    Sedemikian penting peran internet dalam kehidupan modern seperti sekarang ini sehingga perlu adanya pengetahuan mengenai apa itu internet, bagaimana sejarah dan perkembangannya, komponen-komponen apa saja yang membangun internet, dan layanan-layanan apa saja yang bisa didapatkan dari internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar